Tahapan Rekayasa Kebutuhan
Dalam bahasan kali ini saya akan membahas mengenai tahapan yang dilakukan seorang developer dalam melakukan Rekayasa Kebutuhan, dalam hal ini saya menggunakan studi kasus Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) "Sistem Informasi Survei Kepuasan Pelanggan Its Secara Terpadu". Sistem ini memungkinkan user mengisi survey yang telah dibuat oleh admin yang bertujuan untuk menilai layanan yang dimiliki ITS terhadap para pelanggannya sebagai bahan evaluasi kedepannya. Berikut dokumen SKPL yang saya gunakan.
Elicitation
Elicitation merupakan salah satu proses yang fokus untuk memahami keperluan dari stakeholder maupun dari user. Berikut hasil analisis kebutuhan Sistem Informasi Survei Pelanggan ITS.
Pengguna
- Sistem yang dapat menyampaikan penilaian dan pendapatnya terkait layanan yang dimiliki ITS
Admin
- Sistem yang dapat menerima dan mengumpulkan data dari para pelanggan ITS
- Sistem yang dapat menampilkan rangkuman dan grafik perkembangan hasil penilaian survei dari pelanggan ITS
- Membuat survei baru yang dapat diisi oleh setiap pelanggan ITS.
Understanding
Berdasar proses Elicitating diperoleh daftar fitur yang perlu ada pada Sistem Survei Pelanggan ITS.
Admin
- Login Admin untuk membatasi user yang bukan admin untuk tidak dapat mengakses hal tersebut.
- Menambah Data Survei
- Mengedit Data Survei
- Melihat laporan hasil survei
Pelanggan ITS
- Mengisi Survei
Specification
Dari hasil analisis atas kebutuhan Sistem Informasi Pelanggan ITS yang akan dibuat, dilakukan pembuatan spesifikasi sebagai berikut.
- Sistem memungkinkan admin untuk mengakses halaman khusus admin
- Sistem dapat menampilkan form yang berisi daftar pertanyaan untuk dapat diisi oleh pengguna, dalam hal ini Pelanggan ITS
- Sistem dapat menambah dan menyimpan pertanyaan yang dimasukan oleh admin
- Sistem dapat mengganti data yang sudah tersimpan pada database.
- Sistem dapat menampilkan hasil survei berdasar database terbaru.
- Hasil survei berupa grafik perkembangan survei dan penilaian pelangggan terhadap layanan ITS
Validation
Tahapan untuk memastikan bahwa sepsifikasi yang diperoleh sudah sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan stakeholder.
- Hasil spesifikasi yang berupa SKPL disampaikan kepada stakeholder untuk memperoleh persetujuan
- Menguji hasil produk yang dibuat untuk memperoleh persetujuan dari stakeholder
- Maintanance atau pemeliharaan. Jika produk sudah melalui proses deployment, diperlukan pemeliharaan untuk memastikan sistem selalu berjalan dengan baik.
Output
1. Sistem Perangkat Lunak "Survei Pelanggan ITS"
Sekian Tahapan dalam proses Rekayasa Kebutuhan dalam studi kasus Sistem Informasi Survei Pelanggan ITS.
Nama : Mohammad Faderik Izzul Haq
Nrp : 05111940000023
Kelas : RK-B 2021
Komentar
Posting Komentar